by

Bagaimana Bisa Alergi Kulit Menyebabkan Gatal? Apa Penyebabnya?

https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/kenali/gejala-alergi-pada-kulit – Halo sobat sehat,

Alergi Kulit – Apakah pernah Anda mengalami gatal pada setiap penyakit Alergi? Apa sih penyebab sebenarnya? Nah, sejauh ini terdapat beberapa benda/zat yang terbukti menyebabkan reaksi gatal pada alergi seseorang. Namun, penyebab alergi sendiri tidak bergantung pada benda saja. Tetapi dapat timbul dari faktor lingkungannya sendiri.

Sering kali orang terkena alergi karena disebabkan oleh hal yang sepele, tetapi hal sepele tersebut juga bisa memicu gatal-gatal pada tubuh. Dampak yang ditimbulkan oleh alergi biasanya dari makanan juga bisa. Makanan ini bisa menimbulkan gatal-gatal pada tubuh seseorang.


https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/kenali/gejala-alergi-pada-kulit

Ternyata, pola makan sendiri juga mempengaruhi terhadap penyakit alergi seseorang menjadi kambuh dan mengganggu semuanya. Selain itu, alergi juga dapat terjadi karena kotornya lingkungan sekitarnya sendiri. Dampak dari lingkungan ini biasanya menyebabkan seseorang alergi terhadap debu dan udara kotor.

Pengaruh alergi menimbulkan beberapa dampak. Salah satunya adalah reaksi “Gatal-Gatal” pada tubuh dengan timbulnya benjolan kecil-kecil yang memerah di sekujur kulit tubuh. Munculnya gatal-gatal ini juga menyebabkan tubuh menjadi panas dalam dan infeksi jika sering digaruk.

Munculnya gatal alergi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

  1. Lateks, bahan dasar pembuat sarung tangan karet, balon, dan kondom.
  2. Nikel, logam yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran perhiasan maupun kancing pada celana.
  3. Produk perawatan tubuh seperti bedak, krim pemutih, make uap, dsb.
  4. Produk pembersih pakaian
  5. Obat-obatan yang dioleskan pada kulit
  6. Parfum/pewangi yang salah
  7. Jenis tanaman ber alergi
  8. Zat terlarang
  9. Lingkungan kotor
  10. Makanan

Pada umumnya, reaksi tubuh terhadap pemicu tersebut akan semakin parah dan semakin banyak menimbulkan gejala lainnya jika kita tidak sesegera mungkin memeriksakan ke dokter. Apabila Anda tidak memperhatikan beberapa penyebab anda terkena gatal-gatal alergi, akan menimbulkan beberapa dampak yang merugikan diri anda sendiri.

  1. Sulitnya tidur nyenyak, karena sering menggaruk saat merasa gatal. Sebenarnya itu tidak diperbolehkan untuk digaruk. Karena apa? Biasanya dapat menyebabkan gatal-gatal menjadi merata dan infeksi/
  2. Menimbulkan Penularan terhadap orang sekitar. Gatal-gatal sendiri juga dapat memicu penularan terhadap orang lain. Untuk itu, harus menghindarkan penyakit ini dari balita atau anak kecil.
  3. Keresahan akibat terganggunya segala aktivitas sehari-hari.

Tentu dampak tersebut juga merugikan diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu untuk mempercepat kesembuhan dan menghilangkan gejala yang ditimbulkan. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi gatal alergi tanpa obat.

  1. Mengetahui faktor pencetus dan menghindarinya

Banyak orang yang berfokus pada penggunaan obat-obatan untuk mengobati gatal alergi. Namun sebenarnya, hal terpenting dalam langkah penanganan gatal karena alergi adalah mencari tahu faktor pencetus munculnya beberapa alergi yang ditimbulkan terlebih dahulu. Dengan mengetahui faktor pencetus gatal alergi, kemunculan gejala dapat dihindari dan tidak selalu membutuhkan obat lainnya.

  • Tidak boleh menggaruk

Menggaruk tidak akan meredakan ataupun menghilangkan rasa gatal secara permanen. Namun, dapat menyebabkan parahnya penyakit itu. Tindakan ini bisa memicu parahnya penyakit ini apabila terkena infeksi/iritasi pada kulit. Selain itu, tindakan pencegahan lainnya adalah dengan memotong kuku dan memakai sarung tangan supaya tidak da bakteri yang menempel.

  • Kompres dengan air dingin

Meredakan gatal juga bisa dilakukan dengan kompres air dingin. Tutuplah bagian kulit yang gatal dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin/es guna melindungi kulit sekaligus mencegah terkena garukan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed